fbpx

5 Ide Segar Naikin Omzet Bisnis Kulinermu

Bisnis kuliner merupakan salah satu sektor bisnis yang menjanjikan. Jika dibandingkan dengan sektor industri lainnya, pendapatan dalam bisnis kuliner cenderung lebih sustain asal tau teknik nya!

Selain mudah dijalankan karena menjual produk fisik berupa makan atau minuman, bisnis kuliner juga bisa menjanjikan keuntungan yang menggiurkan lho..

Berikut 5 ide segar yang menarik untuk naikin omzet bisnis kulinermu!

1.Tema atau Konsep Yang Out of The Box

Konsep Yang Out Of The Box

Ingat Rumus ini “Konsep yang berbeda, membuat pelanggan mencari anda”. Bisnis kuliner punya lingkup yang sangat luas sekali. Produk yang dijual bisa berupa makanan berat, makanan ringan, minuman ringan, fine dine-in, speciality, dan lain sebagainya.

Konsep distribusinya pun bisa dalam berbagai bentuk, dari mulai restaurant, ghost kitchen, Pre Order, Fast Consumer Goods (FCG), outlet take-away dsb. Maka dari itu perlunya POSITIONING yang tepat untuk mencapai target konsumen mu.

Konsep yang unik dapat anda ambil dalam berbagai angle. Anda sebagai pebisnis kuliner dituntut jeli dalam melihat peluang.

Dengan konsep yang berbeda, maka brand mu akan lebih mudah diingat oleh konsumen. Sebagai contoh, pasta gigi Zact. Jika ditelaah lebih seksama maka pasta gigi zact, sebenarnya fitur yang ditawarkan oleh pasta gigi ini adalah serupa dengan pasta gigi lainnya seperti pepsodent, sensodent dan lain sebagainya. Namun dia memposisikan brandnya sebagai pasta gigi khusus perokok dan peminum kopi.

Itulah pentingnya konsep yang berbeda! Jika anda masih bingung menentukan konsep yang berbeda maka jawablah pertanyaan ini:

1. Kenapa orang harus beli makanan/minumanmu?

2. Kenapa orang harus beli makanan/minuman tersebut di kamu?

3. Siapa orang yang mau beli makanan/minumanmu?

Selamat menentukan konsep yang Out Of The Box!

2. Bikin Promo Yang Menarik

Promo Menarik

Selain konsep, Promo yang menarik juga gak kalah pentingnya. Berikut promo-promo yang bisa kamu terapkan di bisnis kulinermu

  1. Buy 1 Get 1 atau yang sejenisnya
  2. Paket Bundling
  3. Promo Diskon/potongan harga tetap
  4. Tebus Murah (jika sudah berbelanja sekian mendapatkan suatu produk lain dengan harga khusu)
  5. Diskon ongkir untuk pembelian minimal sekian

3. Maksimalkan Media Sosial

Memaksimalkan Sosial Media

Sudah tidak diragukan bahwa sosial media sangat berpengaruh di industri yang serba digital seperti saat ini. Anda bisa memasarkan produk kuliner pada platform Instagram, facebook, Whatsapp, Layanan Food Delivery dsb.

Kalo sekarang bisnis kuliner anda masih mengandalkan offline, maka saatnya GO ONLINE!

4. Gunakan Iklan Berbayar

Maksimalkan Iklan Berbayar

Selain rajin posting di sosial media, anda juga dapat menggunakan fitur iklan berbayar yang telah disediakan di masing-masing platform. Fb ads Ig ads terbukti sangat efektif untuk menaikkan penjualan bisnis kuliner anda.

Jika anda belum menguasai teknik iklan berbayar, anda dapat mempelajarinya secara gratis di youtube ataupun ikut kursus berbayar yang diadakan oleh praktisi-praktisi digital.

5. Kolaborasi

Kolaborasi Rompi x Bertoasterang

DI era disruptif seperti saat ini, mengandalkan kekuatan sendiri akan memakan waktu yang lama dalam betumbuh. Maka dari itu kolaborasi bisa menjadi solusi untuk bisnis kulinermu.

Kolaborasi bisa dalam berbagai bentuk, tergantung pada tujuan yang ingin anda capai.

Sekian artikel yang dapat kami bagikan kali ini, semoga bermanfaat dalam melejitkan omzet bisnis kulinermu ya!

Leave a Reply

Open chat
1
Ada yang bisa kami bantu
Info kemitraan ROMPI Indonesia